Do’s & Don’ts Saat Skincare-an

Mendapatkan kulit yang bersih dan glowing, siapa sih yang nggak ingin? Well, tentunya untuk memiliki kulit yang sehat, kamu perlu merawatnya secara telaten dengan skin care. Apalagi, hampir tiap hari kulit bertemu dengan hal-hal yang bisa mengganggu kesehatannya. Sebut saja sinar UV, polusi, udara AC yang membuat kulit kering, hingga kebiasaan begadang. Nah, untuk menjaga agar kulit senantiasa sehat, kamu bisa menjalani rutinitas skin care. Siap dapatkan kulit lebih sehat? Perhatikan do’s & don’ts saat skincare-an berikut ini, ya!

Do’s Skin Care

1. Tetap rutin membersihkan wajah

Salah satu tahap skin care yang paling krusial adalah cleansing atau membersihkan kulit dari makeup, minyak, dan kotoran. Saat makeup, minyak, dan kotoran dibiarkan di permukaan kulit, pori-pori dapat tersumbat dan memicu munculnya jerawat. Karenanya, kamu perlu melakukan double cleansing dan mencuci muka paling tidak dua kali sehari. 

2. Menyesuaikan skin care dengan kebutuhan kulit

Tahukah kamu bahwa kondisi kulitmu bisa berubah seiring berjalannya waktu? Selain rutin membersihkan wajah, kamu juga perlu nih memperhatikan kebutuhan kulitmu. Misalnya, setelah beraktivitas seharian di ruangan ber-AC dan kulit terasa lebih kering, kamu perlu memberikan hidrasi ekstra dengan essence atau sheet mask. Sebaliknya, saat kulitmu terasa sangat berminyak, kamu bisa sesekali menggunakan clay mask untuk menyerap sebum

3. Menggunakan sunscreen setiap hari

Meskipun kamu tidak bepergian keluar rumah, namun sinar UV tetap bisa menembus melalui jendela dan memberikan dampak negatif pada kulitmu, lho! Agar terhindar dari dampak negatif sinar UV yang bisa memicu penuaan dini, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen minimal sebanyak 2 ruas jari setiap harinya. Jangan lupa aplikasikan hingga ke leher juga, ya!

Don’ts Skin Care di Rumah

1. Melewatkan tahap membersihkan muka

Cuci muka sekali saja, tidak double cleansing, atau hanya membersihkan wajah menggunakan micellar water, adalah beberapa don’tsyang perlu dihindari saat skin care-an di rumah. Yup, walau baru bangun, bukan berarti mukamu bebas dari kotoran. Minyak yang diproduksi kulit dan debu yang menempel saat tidur tetap perlu dibersihkan kalau kamu ingin terbebas dari jerawat.

2. Melupakan eksfoliasi

Agar produk skin care kamu bisa bekerja dengan maksimal, kamu harus memastikan bahwa ‘jalan’ skin care tersebut untuk meresap tidak terhalangi. Nah, jika kamu jarang melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk dan menghalangi jalan tersebut. Alhasil, skin care pun nggak bekerja secara maksimal. Agar kulit senantiasa sehat, lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu.

3. Tidak menggunakan sunscreen secara rutin

Sinar UV adalah ‘musuh’ terbesar kulitmu. Pasalnya, dampak negatifnya banyak banget, lho! Mulai dari memicu penuaan dini, merusak skin barrier, hingga membuat noda jerawat makin menggelap. Kalau kamu masih bermalas-malasan pakai sunscreen saat nggak keluar rumah atau saat cuaca mendung, jangan heran kalau kulitmu masih terlihat kusam, ya!

Nah, itu dia tadi beberapa do’s & don’ts saat skincarean yang perlu kamu ketahui agar kulit lebih sehat.

sumber. So.Co

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X