5 Tips Memakai Sunscreen yang Benar

Sunscreen atau tabir surya merupakan rangkaian perawatan yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Mungkin cara pakainya terkesan sepele karena tinggal diaplikasikan langsung ke wajah. Padahal, cara memakai sunscreen ini harus benar-benar diperhatikan supaya efektif dalam memberi proteksi bagi kulit. Selain menghindari kerusakan pada kulit, sunscreen juga bermanfaat meratakan warna kulit, menjaga elastisitas, sekaligus menekan risiko terkena kanker kulit akibat sinar UV.

Di bawah ini terdapat langkah menggunakan sunscreen atau tabir surya yang benar ke kulit wajah.


1. Gunakan sunscreen SPF 30

Meski menawarkan hasil sama dalam melindungi kulit wajah, formula dalam setiap sunscreen dan kadar SPF (Sun Protection Factor)-nya bisa saja berbeda-beda. Pastikan kamu memakai sunscreen sesuai kulit. Untuk kadar SPF yang dipakai dianjurkan minimal 30. Sebab SPF 30 mampu memberi perlindungan sebesar 97 persen akibat UVB. Begitu pun dengan kadar SPF yang lebih tinggi tingkatannya seperti SPF 50, berarti dapat memproteksi hingga 98 persen. Semakin tinggi level SPF yang digunakan maka semakin tinggi efektivitasnya.


2. Gunakan sebelum beraktivitas

Sunscreen sebaiknya digunakan sekitar 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Meski di dalam ruangan, kamu tetap bisa memakai sunscreen SPF 15. Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen membutuhkan waktu cukup lama untuk menyerap ke dalam lapisan kulit. Berbeda dengan sunblock yang formulanya lebih cepat meresap sehingga tidak perlu waktu lama untuk bekerja menghalau sinar UV.


3. Dipakai sesudah moisturizer

Cara memakai sunscreen yang benar sebaiknya setelah mengaplikasikan pelembap atau moisturizer. Karena pada dasarnya kulit harus terlebih dulu dijaga kelembapannya, kemudian diberi proteksi tambahan di bagian lapisan teratas yang lebih mudah terpapar sinar matahari. Takaran memakai tabir surya cukup sepanjang dua jari tangan, lalu ratakan ke seluruh wajah termasuk telinga, kecuali bagian mata.


4. Ulangi penggunaan sunscreen

Pemakaian sunscreen tidak sebatas digunakan satu kali sebelum keluar rumah. Anda tetap perlu re-apply atau mengulangi pemakaian supaya kulit tetap terjaga dengan baik. Hal itu dikarenakan kadar SPF pada sunscreen memiliki batasan waktu sehingga ketahanannya dapat berkurang. Sebaiknya oleskan kembali tabir surya ke kulit wajah setiap 2 jam sekali atau bila perlu sebelum 2 jam. Namun jika kamu menggunakan makeup dan tak ingin menghapusnya, gunakan produk sunscreen semprot seperti mist ataupun yang menyerupai bedak tabur untuk re-apply yang lebih praktis.


5. Gunakan secukupnya

Alih-alih ingin melindungi secara maksimal, bukan berarti kamu harus memakai sunscreen dalam jumlah banyak sekaligus. Ada baiknya gunakan secukupnya karena selang beberapa jam sunscreen tetap perlu dioleskan kembali. Jika memakai jenis sunscreen liquid atau spray, pastikan kocok terlebih dulu supaya partikel di dalamnya tercampur dengan sempurna.

Itulah beberapa cara memakai sunscreen yang benar untuk kamu lakukan, supaya hasilnya dapat bekerja maksimal dalam melindungi kulit.

sumber. CNN Indonesia

5 komentar untuk “5 Tips Memakai Sunscreen yang Benar”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terbaru

Blog Berikutnya

X