Macam-Macam Masker Wajah yang Wajib Kamu Ketahui!

Saat ini sudah banyak sekali ragam skincare yang ditawarkan untuk merawat kulit, termasuk masker wajah. Namun, jangan terburu-buru membelinya, Teman Senka! Karena belum tentu semua jenis masker itu bisa cocok dan tepat untukmu. Karena itu, ada baiknya kamu mengetahuinya terlebih dulu jenis-jenis masker wajah sebelum memutuskan membeli atau memakainya. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini!

1. Peel-off Mask

Jenis masker wajah peel-off ini biasanya berwujud krim atau gel yang akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat dikelupas setelahnya. Masker ini berfungsi untuk mengangkat segala sesuatu yang berada di lapisan kulit paling atas pada wajah, seperti minyak, kotoran, komedo, dan sel kulit mati (tergantung dari ingredients di dalamnya). Selain itu, masker ini juga bisa membuat wajah terasa lebih halus. Namun, bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif sebenarnya kurang disarankan, karena ketika proses pengelupasan masker bisa membuat kulit perih dan iritasi. Namun, apabila kamu tetap ingin mencoba, baiknya menilik kembali kandungannya, ya.

2. Gel Mask

Selanjutnya, tekstur masker ini memang serupa dengan peel-off mask, hanya saja masker ini tidak perlu dikelupas. Bagi kamu pemilik kulit sensitif dan kering, jenis masker ini adalah salah satu masker yang pas buat kamu! Dengan pemakaian yang rutin, masker ini berfungsi untuk melembapkan, menenangkan, dan mengencangkan kulit wajahmu. Untuk teksturnya sendiri, sesuai namanya, berbentuk gel ringan, lembut, dan mudah diserap kulit. Supaya lebih menyenangkan dan mendapatkan efek dingin saat pemakaian, kamu bisa simpan masker gel ini di dalam kulkas.

3. Clay Mask

Nah, jenis masker ini bisa banget dicoba bagi kamu yang memiliki kulit berminyak! Masker yang umumnya berbahan tanah liat ini memiliki fungsi untuk menyerap minyak dari kulit, membersihkan kotoran, sel kulit mati, mengangkat komedo hingga mencegah dan mengatasi munculnya jerawat. Untuk cara pemakaiannya serupa dengan peel-off mask, kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada kulit wajah, mendiamkannya selama beberapa menit hingga masker mengering, lalu bersihkan masker dengan handuk/sponge yang telah dicelupkan ke air hangat atau bisa langsung dengan air hangat langsung.

4. Wash-off Mask

Pada dasarnya jenis masker ini berlaku sesuai dengan namanya, wash-off mask, di mana kita perlu membersihkan wajah setelah pemakaian. Jenis-jenis masker wash-off terdiri dari beberapa macam seperti, gel mask, clay mask, dan masih banyak lagi. Biasanya masker tipe ini terbuat dari berbagai kandungan aktif yang bermanfaat untuk menutrisi dan merawat kulit wajahmu.

5. Sheet Mask

Pemakaiannya yang praktis dan mampu memberikan hasil yang maksimal, kira-kira itulah gambaran dari jenis masker ini. Sheet mask merupakan jenis masker berbentuk lembaran seperti selulosa, kertas, pulp atau bubur serat (paling umum) yang berisi essence atau serum yang terkonsentrasi sesuai dengan manfaat yang ditawarkan. Dengan 1x pemakaian saja kamu sudah bisa merasakan bagaimana sheet mask melembapkan, menenangkan, menghaluskan, dan membuat tampilan kulit cerah seketika. Meskipun begitu, tetap disarankan untuk memakainya secara rutin setidaknya 2x/minggu untuk hasil yang maksimal.

Nah itu tadi macam-macam masker wajah, pakai masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit jenis kulit kamu ya.

sumber. Senka

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terbaru

Blog Berikutnya

X