Apa itu vegan, natural, dan organik dalam Skincare atau Make Up?

Seiring dengan berkembangnya industri kecantikan di dalam negeri, semakin banyak merek skincare ataupun makeup bermunculan dengan berbagai label atau konsep baru seperti “vegan”, “natural”, atau “organik”. Hal ini disebabkan juga oleh demand yang muncul dari para konsumen yang lebih aware akan kandungan-kandungan dalam produk kecantikan. Beberapa di antara kamu mungkin mengusung vegan lifestyle sehingga hanya dapat menggunakan produk vegan, memiliki kulit sensitif sehingga lebih memilih produk berbahan natural, atau bahkan ingin berkontribusi melindungi bumi dengan memilih produk yang tidak mencemari alam. 

Nah, sebenarnya, apa sih perbedaan produk kecantikan yang vegan, natural, atau organik?

Label vegan berarti bahwa suatu produk tidak menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan ataupun produk turunannya seperti beeswax, madu, kolagen, lanolin, keratin atau susu. 

Klaim natural mengacu pada produk yang terbuat dari bahan alami alih-alih berbahan kimia atau sintetis. Produk kecantikan natural dapat menjadi pilihan untukmu yang memiliki kulit sensitif ataupun ingin melindungi bumi, karena produk berbahan natural menggunakan bahan-bahan dari alam sehingga limbah yang dihasilkan juga lebih aman untuk lingkungan. 

Sedangkan label organik berarti produk tersebut menggunakan bahan-bahan alami yang ditanam secara organik dan tidak menggunakan pestisida, pupuk sintetis atau organisme yang dimodifikasi secara genetik. Label organik bahkan didapatkan melalui sertifikasi oleh badan yang berwenang, seperti USDA ataupun ECOCERT.

Perlu kamu ketahui, produk kecantikan vegan, natural ataupun organik tidak selalu berarti lebih baik daripada produk kecantikan yang masih mengandung bahan kimia. Tidak semua bahan sintetis atau kimia berbahaya untuk tubuh, asalkan tidak dilarang penggunaannya dan kadarnya masih dalam batas normal yang diatur oleh BPOM. Namun, jika kamu ingin mencoba produk vegan, natural ataupun organik karena beberapa alasan yang disebutkan di atas.. 

Beberapa brand skincare atau make up yang berlabel vegan, natural, organik yang perlu kamu ketahui.

1. Base

Label skincare lokal yang memiliki slogan “Skincare Vegan Lokal Terbaik” ini adalah brand yang menyediakan produk perawatan kulit dan kesehatan (wellness) yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sehingga produknya dibuat berdasarkan tipe kulit, skin-goals, dan gaya hidup. BASE mencari bahan nabati (vegan) terbaik, sudah teruji secara klinis, bersertifikat halal dan ECOCERT dari seluruh dunia yang diperoleh secara ethical dan ramah lingkungan. Seluruh produknya juga vegan dan cruelty-free, alias tidak diuji coba pada hewan ataupun menyakitinya dalam proses produksi.

Yang menarik, kamu bisa mendapatkan rekomendasi produk perawatan kulit dengan mencoba Base Skin Test di website mereka. Tes ini guna mengetahui tipe kulit dan gaya hidupmu, kemudian dengan algoritma pintar, BASE dapat merekomendasikan bahan aktif skincare yang tepat untuk kulitmu. Try it out!

2. ESQA

Siapa, sih, yang tidak mengenal makeup brand ini? Didirikan pada tahun 2016, ESQA merupakan label kosmetik lokal pertama yang mengusung konsep vegan makeup. Kezia Toemion dan Angelina Cindy, yang merupakan founders sekaligus dua bersahabat ini membawa konsep vegan cosmetics yang belum banyak tersedia di pasar Indonesia pada saat itu. Pada akhirnya, ESQA tidak hanya sukses mengusung konsep vegan makeup, namun juga telah menjadi brand kosmetik lokal yang sukses dan populer di Indonesia. Produk-produk ESQA juga telah tersertifikasi halal dan tidak diuji coba pada hewan.

3. True to Skin

True to Skin merupakan label skincare yang mengusung konsep natural dan minimalis, hanya menggunakan single active ingredients dalam setiap produknya yang dikombinasikan dengan bahan-bahan natural. Selain itu, True To Skin juga membuat seluruh produknya alcohol-free, sudah teruji secara klinis, halal dan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Label ini memiliki filosofi “honest & transparent” dalam setiap bahan-bahan yang digunakannya untuk konsumen. 

4. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals merupakan label skincare dan wellness yang berasal dari desa kecil bernama Jasri di Karangasem, Bali, dan berdiri pada tahun 2000. Label ini kemudian berkembang dan dikenal di skala internasional, sebagai sebuah brand yang mengusung konsep natural dan clean. Sensatia telah memiliki lebih dari 300 produk yang bersih, sederhana, tersertifikasi halal, namun kaya akan bahan baku berkualitas tinggi dan tanpa melalui percobaan kepada hewan. 

Selain itu, Sensatia juga menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan meminimalisir dampak pada lingkungan. Perusahaannya juga memiliki sistem bagi hasil dengan para karyawannya, demi memberdayakan komunitas lokal dan warga sekitar Desa Jasri. Bravo!

5. Somethinc

Sangat dikenal sebagai label skincare dan makeup yang penuh dengan inovasi, mulai dari produk-produknya hingga berbagai kolaborasinya dengan K-Pop Idols, Somethinc juga menghadirkan berbagai produk yang Vegan friendly dan cruelty-free, lho. Selain itu, produk-produknya juga telah teruji secara dermatologis, memiliki sertifikasi halal serta hypoallergenic alias tidak memicu alergi. Label ini memberikan keterangan yang sangat detail dan jelas dalam setiap halaman produk di website-nya. Jadi, pastikan kamu mengeceknya juga, ya.

6. Haple

Label “Haple” yang berasal dari singkatan happy people menciptakan produk-produk yang dibuat ramah untuk kulit, Vegan friendly, tidak menyakiti hewan dalam produksinya yang ditunjukkan dengan slogan #BeBeautifulWithKindness. Salah satu produknya yang menarik ialah Bakuchiol Serum, yang mengandung bahan aktif alami Bakuchiol yang tengah naik daun serta Salicylic Acid. Also, look at the packaging! Cantik sekali, ya, untuk ditaruh di meja riasmu.

7. klēn and kind

Untuk kamu yang sedang mencari produk skincare, bodycare, dan lipcare natural serta organik, kamu bisa mencoba produk dari klēn and kind. Label artisan ini memiliki berbagai bahan alami terbaik dalam produk-produknya, dan ingin tetap ramah lingkungan dalam proses pembuatannya. Simak, deh, berbagai produknya yang tak hanya memiliki kemasan sleek dan modern namun juga mengandung bahan-bahan alami yang dikenal baik untuk tubuh mulai dari certified organic essential oil, solid perfume, body oil, hingga body wash.

8. HALE

Meskipun terbilang pendatang baru, HALE telah menjadi label skincare yang mencuri perhatian para beauty enthusiast. Brand dengan klaim no alcohol, no fragrance, halal dan cruelty-free ini mengusung konsep skincare yang simpel namun tetap efektif. Produk-produknya diperuntukkan pemilik berbagai jenis kulit yang berbeda, hingga sensitif sekalipun, serta aman untuk ibu hamil dan menyusui. Salah satu yang menjadi produk unggulannya ialah HALE Clay Mask, serta yang terbaru adalah HALE Triobiotics Prebiotic Probiotic Postbiotic Serum yang membantu menyeimbangkan microbiome kulit.

9. Isha Naturals

Label yang berasal dari Bali ini memiliki slogan Natural & Purify, menggunakan bahan-bahan natural dan alami serta beberapa produknya di klaim vegan. Beberapa produknya yang memiliki review baik ialah Hair Growth Oil yang dapat membantu pertumbuhan rambut, Body Milk dan Vegan Body Butter untuk membantu melembapkan kulit, hingga Facial Elixir Oil.

sumber. Cosmopolitan Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terbaru

Blog Berikutnya

X